Esai : Fisika? Aku Bisa!

​Fisika?  Aku Bisa!

Ilmu pengetahuan sangat penting bagi kehidupan bak untuk manusia, lingkungan ataupun makhluk hidup  lainnya di alam semesta ini. Ilmu pengetahuan terus berkembang mengikuti pola pikir manusia yang dituntut untuk terus maju sesuai dengan kondisi lingkungan yang selalu berubah-ubah dan mengharuskan manusia untuk beradaptasi dengan berbagai perubahan tersebut.

Fisika adalah ilmu pengetahuan alam yang menjelaskan gejala-gejala alam segingga dapat dijelaskan secara kuantitatif ,ilmu yang mempelajari semua aspek alam merumuskannya,sehingga dapat dikenali secara kuantitatif. Dengan belajar Fisika,manusia akan mengetahui dan memahami fenomena alam semesta dan kemudian menganalisis, mengolah dan memanfaatkannya secara arif dan bijaksana dalam kehidupan.

Fisika merupakan salah satu ilmu yang mendasari perkembangan teknologi maju dan konsep hidup harmonis dengan alam. Perembangan pesat di bidang teknologi informasi dan komunikasi dewasa ini dipicu oleh temuan di bidang fisika material melalui pertemuan piranti mikroelektronika yang mampu memuat banyak informasi sangat kecil. Itulah awal dari perkembangan teknologi yang nantinya bermanfaat bagi manusia.

Namun kenyataan itu tidak sejalan dengan minat pelajar dalam pelajaran Fisika. Banyak diantara mereka yang mengaku tidak menyukai fisika dengan alasan rumus banyak, sulit, harus menghafal rumus, memahami konsep yang rumit dsb. Hal itu terbukti dengan banyaknya nilai siswa yang jelek pada pelajaran fisika. Contohnya adalah disekolah saya, banyak teman-teman saya yang tidak suka dan selalu pasrah apabila ada ulangan fisika. Sebenarnya mereka tahu dan bisa , namun karena mereka telah tersugesti akan ketidakbisaannya , maka mereka menjadi malas untuk mempelajarinya, mereka merasa bahwa mamahami rumus itu sangat sulit, apalagi mengerjakan soal-soal nya.

Oleh karena itu diperlukan kiat-kiat bagaimana mengubah paradigma siswa terhadap mata pelajaran fisika yang dianggap sulit ini . Bagaimana cara mgningkatkan minat mereka terhadap fisika dan bagaimana cara belajar fisika dengan mudah. 

  Pelajaran fisika seringkali menjadi pelajaran yang menakutkan dan membosankan bagi para siswa khususnya mereka yang dirasa kurang mempunyai salah satu kecerdasan yaitu kecerdasan logis-matematis.Ada yang beranggapan bahwa fisika itu tidak penting. Ada anggapan juga yang mengatakan bahwa fisika itu misteri, bagi yang bisa mengerjakannya akan merasa bangga, senang, dan lega. Tapi bagi yang tidak bisa menyelesaikannya akan merasa sedih, pusing, stress, dan ada yang mengganjal di otaknya. Ada pula yang menganggap bahwa fisika itu menyenangkan. Tidak mudah, tetapi menyenangkan. Meskipun fisika dipenuhi oleh rumus-rumus dan teori yang memusingkan, jujur dari saya sendiri pun demikian. Kesenangan ini didapat pada saat seseorang dapat menjawab pertanyaan fisika, ia akan merasa bangga dan akan merasa lebih bangga apa bila tingkat kesulitan soal tersebut sangat tinggi. Atau kesenangan ini diperoleh dengan kekaguman fenomena-fenomena yang terjadi di alam maupun teknologi yang dinikmati manusia dalam membantu pekerjaan manusia ini yang hanya dapat dijelaskan oleh fisika.

 Tugas dari para pendidik fisika dan masyarakat yang berkecimpung dalam fisika untuk mengubah paradigma ini. Mengubah bahwa fisika itu mudah dan penting untuk di pelajari. Bahwa fisika itu sangat berkaitan dengan teknologi yang kita gunakan sehari-hari Guru harus dapat menanamkan sikap positif dalam diri siswa terhadap pelajaran fisika dan mengatakan bahwa fisikaitu mudahdan menyenangkan karena berbagai konsep fisika bisa didapatkan dari pengalaman sehari-hari maka niscaya para siswa akan percaya diri dan tenang serta selalu sadar bahwa mereka harus belajar dan memahami konsep yang diajarkan dalam fisika. Memang itu tidak mudah , namun itu tetap bisa dilakukan dari hal kecil seperti guru jangan mengatakan bahwa fisika itu sulit, guru selalu memotivasi siswa untuk bisa, guru hendaknya senantiasa mengarahkan siswa bagimana cara mengerjakan fisika dengan mudah, dan guru selalu membujuk siswa untuk maju kedepan mengerjakan soal di papan tulis. Membujuk disini ialah agar siswa berani dan tidak ragu-ragu bahwa sebenarnya ia bisa, bahkan guru yang baik hendaknya mengatakan kalau salah tidak apa-apa , nanti pasti akan diajari dan diarahkan, itulah yang dapat membuat paradigma siswa berubah dan menganggap fisika itu menyenangkan melalui belajar interaktif dan komunikatif, dengan paradigmayang berubah , maka dapat meningkatkan minat siswa terhadap pelajaran Fisika dan menganggap fisika bukanlah pelajaran yang ditakuti.

Tenaga Pendidik hendaknya juga memberikan cara atau trik untuk membuat siswanya menjadi senang saat belajar fisika, yaitu dengan belajar Fisika efektif dan mudah, diantaranya :

Ubah paradigma terhadap fisika bahwa fisika itu sulit , itu merupakan kunci utama seperti yang dijelaskan sebelumnya.

Pahami terlebih dahulu materi bahasan, memahami relasi antar materi bahasan akan membuat kita menjadi paham dan tidak terkesan bingung akan apa yang kita baca.

Jangan hafalkan rumus, tapi pahami darimana rumus itu berasal

Perbanyak latihan Soal

Jangan malu untuk bertanya jika mengalami kesulitan

Jangan  takut salah, dan jangan takut mencoba menerjakan soal-soal sulit karena itu akan membuat pola pikirmu berkembang dan selalu mengingat konsep dasar ,Fisika selalu mengembangkan dari konsep dasar untuk membuat rumus-rumus berikutnya.
Jadi, yang paling utama ialah mengubah pandangan terhadap sesuatu yang sebelumnya dianggap sulit menjadi sebaliknya akan menjadi sebuah motivasi untuk selalu mencoba , motivasi untuk menjadi bisa, motivasi untuk menjadi lebih baik. Dengan menganggap fisika itu mudah dan menyenangkan , akan membuat siswa menjadi percaya diri dan selalu merasa tertantang untuk mengerjakan soal-soal fisika. Perasaan puas dan lega adalah cara menunjukan bahwa siswa menyukai pelajaran fisika, mereka menganggap fisika sebagai santapan yang akan dilahapnya. Fisika akan membuat mereka tahu apa yang sebenarnya ada dan terjadi di alam ini, mereka akan terus berusaha tahu dan menemukan cara untuk mengembangkan pola pikirnya dari konsep fisika kedalam kehidupan nyata.

Puisi Fisika

​Tanpa Fisika, Kita Bisa Apa?

Oleh : Angga Brian Fernandi


Fisika itu seperti Jendela

Kalau tak dibuka

Kita tak akan tahu apa-apa 

Apa yang ada di luar sana 

Fisika itu seperti Virus

Yang mampu menyebar membelah diri

Yang mampu pengaruhi masa depan bumi

Lewat perkembangan teknologi

Fisika itu berjasa

Fisika ciptakan asa yang luar biasa

Melalui insan manusia 

Yang tekadnya demi kemajuan dunia

Karena fisika

Munculah para ilmuwan

Wujudkan kemajuan peradaban

Demi kesejahteraan semua insan

Tanpa fiska

Lampu tak kan pernah menyala

Tanpa fisika

Pesawat tak kan pernah ada

Mobil dan kapal juga

Dengan Fisika

Dunia tak akan merugi

Dunia tak terkunci dalam peti

Manusia tak menutup jati diri

Jadi  punya motivasi

Tuk meraih mimpi

Maka itu,  Fisika itu Ibu

Ibu peradaban baru

Bak sebuah buku

Yang selalu memberi ilmu

Fisika bukan penyakit akut

Kita tak perlu takut

Asalkan kita percaya dan mau

Fisika baik menyapamu

Fiska asyik  menemanimu

Dan kesuksesan pun menyertaimu

Thematic Poetry : Puisi bertema Fisika (physics)

​Permainan Hidup

 

Disini aku bertahan

Mencoba melawan rintangan

Dalam dinamika kehidupan

 

Terfokus pada cermin datar ini

Kulihat bayanganku sendiri

Terpisah oleh 2 dimensi

Berdiri statis tegak lurus

Akankah selamanya statis ?

 

Hidup ini terus berputar

seperti bumi yang berotasi

seperti vektor

yang menunjuk berbagai arah

dengan resultan-resultannya

 

Namun, apa kita bisa ?

Menerima hukum-hukum kehidupan

Menerima hukum-hukum alam

Layaknya kita

Menerima hukum-hukum Newton

Mencoba memahami arti

Dalam sebuah aplikasi

kehidupan sehari-hari

 

Hidup itu keras

perlu perjuangan

Hidup itu bak fluida dinamis

Mengalir mengikuti arus

Sesuai keinginannya

 

Maka itu ….

Kita perlu berusaha

Usaha yang diwujudkan dalam gerak

Gerak yang memerlukan energi

Energi dari sinar alpha , beta , ataupun gama

Yang memberi radiasi semangat

Tuk meraih titik atas

Ingatlah Asaz Black

Q Lepas = Q terima

Jika  berusaha

Pasti kan meraih asa

Karena asa perlu logika

Tuk wujudkan delta kehidupan

Menuju skala kebahagiaan

 

Oleh : Angga Brian Fernandi

Dibuat tgl : 23 Desember 2013

Geguritan (Javanese Poetry)

​==Seneng Tetulung ==

dianggit dening : Angga Brian F. 


Dadi manungsa kudu gelem tetulung

peduli marang wong liya

aku nulung pas dibutuhake

aku ditulung pas mbutuhake

 

tetulung kudu lila

tetulung ora ngarep apa-apa

padha butuh padha nulung

saka susah dadi bungah


mula padha seneng tetulunga

bisa nambah seduluran

bisa nambah ganjaran

paedahe kanggo kauripan  

Indonesian-English Poetry

​I found this poetry in a literary book when I went to bookstore a few months ago. I think this is a good poetry, then I capture it with my phone. Unfortunately, I forgot the name of the book and the author. Here it is.

It is written in Bahasa Indonesia

Itukah sajak yang kau tulis untukku?

Apakah sajak-sajak cinta yang tak menyebut namaku itu?

Aku sering tersesat di sana

Terkejut pada kata yang tak pernah aku tahu 

Padaku mereka ingin mengucap apa

Aku kerap terjerembak di sana 

Berjalan di bait-bait yang rumit

Yang aku tak tahu hendak mengantarku kemana

Tapi aku betah di sana

Seakan sembunyi dari banyak bunyi

Yang bertahun-tahun memaksa aku memekakkan telinga sendiri

Ah, alangkah kamusnya engkau

Sebetapa sempitnya lidahku

Aku ingin tahu, apakah sajak-sajak itu kau tulis untukku?

I try to write it in English version, maybe it sounds like this

Is it the poem you wrote for me?

Is it the love poem which doesn’t call my name?

I often misguided over there

I shocked to the words I never know

What do they want to say to me?

I often fluttered in the wind over there.

Walking in the complicated couplet

That I didn’t know where it carries me

But I like to be there

As if hiding from a lot of noise 

Which for many years forced me to deafen my ears

Argh, what a dictionary you are

How very limited my tongue 

I want to know, did you write that poems for me?